30 September 2009

International Acclaim for 'MASA KANAK-KANAK'

Masa Kanak-kanakMasa Kanak-kanak (Kinderjaren) adalah novela karangan fisikawan dan penulis asal Amsterdam Jona Oberski (1938) yang ditulis berdasarkan ingatan dan pengalaman dia semasa kecil di kamp konsentrasi Westerbork (Belanda) dan Bergen-Belsen (Jerman) sewaktu Perang Dunia II. Oberski dari awal sampai akhir berhasil menciptakan suatu dunia sebagaimana dilihat oleh seorang anak.

Terjemahan Kinderjaren telah diterbitkan di Kanada, Denmark, Jerman, Inggris, Finlandia, Prancis, Yunani, Hungaria, Israel, Italia, Jepang, Kroasia, Norwegia, Polandia, Spanyol, Amerika Serikat, dan Swedia.

Dengan kata pengantar Dr. Lilie Suratminto, Pengajar Bahasa dan Sejarah Sosial Budaya Belanda, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.


Belanda

Belanda


“Buku seperti MASA KANAK-KANAK menjadikan Anda berpikir tentang keadaan dunia, tentang keadilan dan ketidakadilan, tentang pertanyaan-pertanyaan universal – dan bukankah itu inti dari karya sastra bagus? Itulah mengapa Perang Dunia II tetap layak untuk diangkat, bagi semua generasi.”

--De Tijd



Austria

Austria


“Hanya sedikit laporan yang mengangkat nasib anak-anak Yahudi di dalam kamp dan gheto Reich Ketiga [...] (MASA KANAK-KANAK) merupakan dokumen tentang masa tersebut yang memiliki dampak dahsyat.”

--Salzburger Nachrichten



Finlandia

Finlandia


“Ternyata, pertanyaan penting susastra kamp konsentrasi bukanlah apa yang diceritakan, tapi bagaimana ia diceritakan. Zaman sekarang, masyarakat sudah mati rasa terhadap kisah pembunuhan massal, sementara kisah pengalaman pribadi masih mampu mengejutkan, mengguncang, dan menggugah mereka [...] (Oberski) terutama berhasil menyampaikan kekonkretan dari ingatan seorang bocah: pelbagai detail dan peristiwa kecil yang mungkin terkesan kurang signifikan bagi orang dewasa. Bahasanya [...] seperti kanak-kanak tapi tidak ‘kekanak-kanakan’.”

--Kansan Tahto



Italia

Italia


“Sebuah permata kecil yang berkilauan.”

--Sette Giorni Libro



Jerman

Jerman


“[...] kengerian dikisahkan secara subtil dan sedemikian rupa sehingga tidak membuat perasaan Anda merosot. Di dalamnya terkandung suatu kemurnian yang menjadikan Anda terkelu, suatu humanitas yang senantiasa menghantui Anda [...] Ini merupakan buku yang bermakna penting.”

--Die Zeit



“Hampir tidak ada laporan autentik mengenai pengalaman anak-anak di dalam kamp konsentrasi, mengenai penderitaan mereka dan permainan-permainan mereka [...] Oberski telah mengalami suatu masa kanak-kanak yang hanya sedikit berhasil melewati dengan selamat [...] di Bergen-Belsen.”

--Stern



(sumber: Liepman AG)

Masa Kanak-kanak (Kinderjaren) tersedia di toko buku Gramedia.

Tidak ada komentar: