03 November 2009

Empat Mata dengan Henk Kraima

Henk Kraima (sumber: www.cpnb.nl) Pada 7 Oktober 2009, di Jakarta, berkat kerja sama dengan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) dan dukungan Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI), pusat kebudayaan Belanda Erasmus Huis menyelenggarakan seminar dan diskusi panel bertajuk Kenapa Penampilan Buku Harus Baik.

Panel beranggotakan Henk Kraima (ketua Stichting De Best Verzorgde Boeken atau Yayasan Desain Buku Belanda Terbaik), Dharma Hutauruk (penerbit Erlangga), Sulaiman Budiman (Store Manager Toko Buku Gramedia), dan Hermawan Tanzil (desainer grafis). Sementara panelis terdiri dari kalangan penerbit (termasuk Pena Wormer), desainer grafis, dan pemerhati desain grafis buku.

Selesai diskusi, masih di Erasmus Huis, berlangsung acara pembukaan Pameran Desain Buku Belanda Terbaik. Pameran tersebut, yang diselenggarakan Erasmus Huis bekerja sama dengan Yayasan Desain Buku Belanda Terbaik, berlangsung dari 8 Oktober s/d 12 November 2009.

Berikut obrolan ringan dengan Henk Kraima untuk mengenalnya lebih jauh.

Bisa dijelaskan sedikit mengenai Yayasan Desain Buku Belanda Terbaik?
Ini adalah suatu yayasan yang didirikan kalangan penerbit, toko buku, desainer grafis, dan percetakan [di Belanda]. Tujuannya adalah meningkatkan animo terhadap desain grafis buku serta merangsang kualitas desain dengan saban tahun memilih dan mempertunjukkan 33 buku berdesain terbaik.

Belanda punya reputasi tinggi di dunia desain buku. Faktor apa saja yang berada di balik ini?
Pendidikan berkualitas yang diselenggarakan sejumlah perguruan tinggi; penerbit yang mengapresiasi desain; desainer yang berwawasan internasional.

Sampul buku yang baik mesti...menyentuh hati.

Saya paling tidak tahan melihat sampul buku yang...mirip dengan tetangganya. (jawaban Kraima dalam bahasa Inggris: looks like its neighbour.)

Desain sampul terfavorit sepanjang masa versi Anda pribadi?
Sampul Metropolitan World Atlas (sedang dipamerkan di Erasmus Huis Jakarta) karya desainer grafis Joost Grootens.

Apa kira-kira dampak e-book terhadap dunia desain buku?Peraturan perundang-undangan yang mengatur dunia digital akan berpengaruh pada desain cetak. Pasal, desain buku yang baik senantiasa berinteraksi dengan tren desain penting lainnya.

Masyarakat Belanda gemar membaca buku. Mitos atau fakta?
Fakta. Belanda masuk peringkat 10 besar dalam setiap kategori perbukuan internasional: jumlah toko buku terbanyak per jiwa penduduk, perpustakaan umum, judul baru buku, dsb.

Buku terakhir yang Anda baca?What I talk about when I talk about running karangan Haruki Murakami.

Anda tinggal di Amsterdam. Bagi yang akan mengunjungi kota tersebut untuk pertama kali, pantangan dan anjuran apa yang bisa Anda sarankan?
Kunjungi museum Van Gogh dan ikuti tur wisata lintas kanal. Jangan sewa sepeda. Jangan beli narkoba.

Lagu (atau gubahan instrumental) apa yang menurut Anda paling mewakili Amsterdam?
Tulips from Amsterdam, yang dimainkan seorang pemain organ jalanan. Dan bagi yang bisa bahasa Prancis: Amsterdam oleh Jacques Brel. (pena wormer)




Jika ada pertanyaan langsung untuk Henk Kraima, silakan tuliskan sebagai komentar.

Tidak ada komentar: